Cari Blog Ini

About Me

Foto saya
aku tuch mungkin saat pertama ketemu kesannya kayak anak jutek gitu, tapi padahal nggak lo... aku anaknya baik hati, ya walopun kadang keras kepala sich, hehehe nim ku di kelas : 109421420188

Label

Sabtu, 18 Desember 2010

BIAYA OVERHEAD PABRIK

Biaya overhead pabrik
Biaya Overhead pabrik adalah biaya-biaya bahan tak langsung, buruh tak langsung dan biaya biaya pabrik lainnya yang tidak secara mudah diidentifikasikan atau dibebankan langsung pada suatu pekerjaan, hasil produksi/tujuan biaya akhir. Biaya overhead pabrik mencakup biaya produksi lainnya seperti pemanasan ruang pabrik, penerangan, penyusutan pabrik dan mesin-mesin. Biaya pabrik seperti pemeliharaan, gudang bahan-bahan dan hal lain yang memberikan pelayanan-pelayanan kepada bagian produksi juga merupakan bagian dari biaya overhead pabrik.
Biaya overhead pabrik dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu (1) biaya overhead pabrik variabel, (2) biaya overhead pabrik tetap, dan (3) biaya overhead pabrik campuran. Biaya overhead pabrik variabel adalah biaya overhead pabrik yang jumlah totalnya akan berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Contoh biaya overhead pabrik variabel adalah biaya bahan penolong. Biaya overhead pabrik tetap adalah biaya overhead pabrik yang jumlah totalnya (dalam kisaran tertentu) tidak berubah walaupun terjadi perubahan volume kegiatan. Contoh biaya overhead pabrik tetap adalah pajak bumi dan bangunan, biaya penyusutan aktiva tetap, dan biaya sewa gedung pabrik. Biaya overhead pabrik campuran dapat dibedakan menjadi biaya overhead pabrik semivariabel, misalnya biaya listrik pabrik dan biaya telepon pabrik, dan biaya overhead pabrik bertahap, misalnya gaji supervisor dan gaji inspektur.

FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM PEMILIHAN
TARIF BIAYA OVERHEAD
Dasar Yang Dapat Digunakan
  a. Output fisik
Estimasi overhead pabrik
------------------------------- =Overhead pabrik per unit
Estimasi unit produksi

b.     b.  Dasar biaya bahan baku langsung
 estimasi overhead pabrik
-------------------------------- x 100= ......%
estimasi biaya bahan baku

c. dasar biaya tenaga kerja langsung
estimasi overhead pabrik
------------------------------- x 100=......%
estimasi biaya tenaga kerja langsung

d. dasar jam tenaga kerja langsung
estimasi overhead pabrik
-------------------------------- = overhead pabrik per jam
estimasi jam tenaga kerja langsung

e. dasar jam mesin
estimasi overhead pabrik
------------------------------- = overhead pabrik per jam mesin
estimasi jam mesin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar